Connect with us

Monumen Pancasila Sakti, Destinasi Wisata Sejarah G 30 S PKI

WISATA

Monumen Pancasila Sakti, Destinasi Wisata Sejarah G 30 S PKI

Jurnalkpi.com – Peristiwa G 30 S PKI merupakan peristiwa yang menggoreskan tinta hitam pada sejarah Indonesia. Setelah 54 Tahun pasca tragedi mengerikan yang terjadi pada 30 Sepetember – 1 Oktober, kini bagi Generasi Milenial tinggallah sebuah monumen untuk memperingati pahlawan-pahlawan bangsa yang gugur, monumen tersebut diberi nama Monumen Pancasila Sakti.

Monumen ini terletak di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur dan bersebrangan dengan komplek Halim Perdana Kusuma. Dulunya wilayah ini hanya sebuah perkebunan karet dan pemukiman warga, maka tak heran jika ada bekas rumah warga yang dulu diambil fungsi oleh PKI sebagai Dapur Umum dan Pos Komando.

Dan sekarang tempat yang dulunya menjadi saksi bisu atas pembunuhan para Jenderal, kini sudah diubah oleh Presiden Soeharto dengan dibangunnya monumen memorial ini.

Untuk memasuki monumen yang memiliki luas sekitar 14 Hektar ini, hanya dikenai biaya Rp 2500 untuk pelajar dan Rp 4000 untuk umum. Isi dari komplek monumen ini terdiri dari Rumah Penyiksaan, Sumur Maut, Monumen 7 Jenderal yang gugur, Pos Komando, Dapur Umum, Gedung Sejarah PKI, Paseban, dan Koleksi Kendaraan.

Monumen yang terdiri dari 8 gedung yang bisa dikunjungi ini bisa didatangi oleh para pengunjung pada hari Selasa-Minggu dari jam 08:00-16:00.

Reporter : Muhammad Ikhsanuddin Nur Ismail
Editor : Nur Farida

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in WISATA

Advertisement
To Top