Connect with us

Lebaran Ajang Silaturahim Bukan Pamer Harta

RAMADHAN

Lebaran Ajang Silaturahim Bukan Pamer Harta

Jurnalkpi.com – Nggak kerasa ya lebaran sebentar lagi…. Segala sesuatunya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum menyambut datangnya hari kemenangan ini. Apalagi adat orang Indonesia yang selalu mempersiapkan suguhan makanan untuk para tamu yang akan datang bersilaturahim.

Mulai dari makanan, minuman, sampai uang THR-nya pun tak kan lupa semua telah dipersiapkan. Selain itu, masih ada yang harus dipersiapkan yaitu baju baru. Gimana ya, rasanya kalau lebaran tidak mengenakan baju baru rasanya tidak afdhol lebarannya, eh.

Omong-omong masalah baju baru jadi keinget lagu yang satu ini “Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya tak ada pun tak apa-apa masih ada baju yang lama.”

Jadi, meskipun Hari Raya bukan berarti juga harus dengan baju baru kan, pakai baju lama juga bisa di mix and match kan dan itu malah gak kalah kerennya juga loh. Sadar nggak sih, kalau terkadang diri kita sibuk mempercantik fisik, sedangkan hati kita masih penuh dengan noda.

Pada saat Hari Raya semua orang berlomba-lomba untuk bertampil diri paling baik di antara yang lain. Entah itu masalah baju, sandal baru, sepatu baru, kendaraan baru, dan lain sebagainya. Mereka lupa bahwa sejatinya Idul Fitri bukanlah ajang untuk memamerkan apa yang kita miliki. Namun, ajang untuk semakin berbenah diri dan bersilaturahim jangan sampai acara silaturahim yang seharusnya diisi dengan saling memaafkan malah diisi dengan pamer harta. Naudzubillah….

Oleh karena itu, kita harus bisa memaknai Idul Fitri dengan benar jangan sampai hal-hal yang kita anggap sepele malah bisa menambah dosa kita. Seharusnya Idul Fitri atau lebaran kita jadikan ajang untuk memperbaiki hubungan dengan Allah (hablum minallah) dan hubungan dengan manusia (hablum minannas).

Penulis : Fauziyah Ikrima

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in RAMADHAN

Advertisement
To Top