Connect with us

Ramadan Usai, Ibadah Harus Tetap Istiqomah

KHAZANAH

Ramadan Usai, Ibadah Harus Tetap Istiqomah

Jurnalkpi.com – Seperti yang kita ketahui setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Setiap yang hidup pasti akan mati, itu merupakan hukum alam yang tak bisa kita hindari. Semua itu akan kita alami apabila sudah tiba waktunya.

Sekarang kita akan berpisah dengan bulan penuh rahmat Allah ini, setiap muslim yang beriman pastilah tidak ingin kehilangan momentum yang hanya ada satu bulan dalam satu tahun ini karena begitu luar biasa keberkahan yang ada. Maka dari itu marilah kita menyambut perpisahan bulan Ramadan ini dengan semakin bertaqarrub ilallah semakin mendekat kepada Allah.

Mari kita sedikit mengingat apa saja yang sudah kita kerjakan selama menghabiskan hari-hari di bulan penuh berkah ini. Di awal bulan Ramadan semua orang menyambutnya dengan begitu antusias. Semua orang mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif sekaligus melakukan banyak ibadah.

Setiap orang tak ingin melewatkan keberkahan yang melimpah di bulan Ramadhan ini. Mereka berlomba-lomba memperbaiki diri. Yang awalnya tidak pernah jamaah sholat menjadi ikut jamaah terus, yang biasanya sering bolong baca alqurannya setiap hari tadarus membaca Al-Qur’an, yang biasanya tidak pernah ke masjid sekarang selalu ke masjid dan tidak pernah absen. Semua itu dilakukan untuk dapat mendapat keberkahan di bulan yang mana Alquran diturunkan ini. Semua orang tak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Namun, yang perlu diingat bahwa apapun yang sudah kita kerjakan pada saat bulan Ramadan alangkah indahnya apabila terus berlanjut dilakukan di bulan-bulan berikutnya. Bukan Ramadan usai, ibadah juga turut usai. Meskipun keberkahannya tidak seperti bulan Ramadan. Namun, apabila kita melakukannya secara kontinyu atau istiqomah maka itu lebih baik di mata Allah. Jadi bukan hanya kita bersemangat beribadah hanya di bulan Ramadan saja, tetapi juga istiqomah mengerjakan ibadah di bulan selain Ramadhan.

Maka dari itu ada beberapa ibadah yang dapat kita istiqomahkan setiap harinya yaitu:
1. Sholat Lima Waktu Berjamaah
Ketika bulan Ramadhan tiba pastilah setiap orang berbondong-bondong melaksanakan ibadah, baik itu wajib maupun sunnah semua dilakukan. Salah satunya sholat, yang mana pada bulan Ramadhan masjid, musholla semua ramai akan pengunjung untuk melaksanakan sholat entah itu sholat lima waktu ataupun sholat yang hanya ada di bulan Ramadhan yaitu sholat tarawih semua itu dilaksanakan secara berjamaah guna mendapatkan berkah bulan Ramadhan.

Saat bulan Ramadhan telah usai alangkah baiknya kita juga tetap menerapkan sholat lima waktu berjamaah, sebab sholat jamaah memiliki pahala yang cukup besar apalagi dapat dilaksanakan secara istiqomah.

2. Membaca Alquran
Setiap bulan Ramadhan pasti kita tidak asing dengan yang namanya tadarus entah itu dilakukan bersama-sama seperti di masjid maupun tadarus sendiri di rumah. Membaca Al-Qur’an merupakan suatu hal yang bisa kita lakukan sehari-hari tidak hanya selama bulan Ramadhan.

Maka dari itu setelah usai bulan Ramadhan kita juga jangan sampai usai juga membaca Al-Qur’annya, melainkan kalau bisa kita semakin istiqomah membacanya. Sepadat apapun jadwal kita jangan pernah lupa untuk sedikit meluangkan waktu guna membaca Al-Qur’an.

3. Puasa Sunnah
Setelah kita menempuh puasa selama satu bulan lamanya tak ada salahnya untuk mengistiqomahkan puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis. Puasa Senin Kamis juga memiliki pahala yang besar, apalagi kalau dilaksanakan secara istiqomah atau kontinyu. Apabila kita sudah terbiasa berpuasa maka kita menjalani puasa Ramadhan tidak terlalu berat karena memang sudah terbiasa puasa Senin Kamis. Selain puasa Senin Kamis juga masih banyak puasa Sunnah lainnya seperti puasa Arafah, Asyura, Puasa di Bulan Rajab, dan lainnya.

4. Bersedekah
Bersedekah adalah hal yang tak begitu sulit untuk dilakukan, namun besar berkahnya. Sedekah yang paling mudah dilakukan adalah tersenyum. Kita tersenyum kepada orang lain itu sudah menjadi lumbung pahala bagi diri kita apalagi jika ditambah dengan sedekah dengan yang lain. Banyak hal yang bisa kita sedekahkan seperti uang, barang, jasa, dan yang lainnya. Namun, terkadang kita melupakan sesuatu bahwa apabila kita bersedekah jangan sampai kita sombong akan itu atau bahkan mengungkitnya terus. Hal itu bukan malah menambah pahala bagi kita, melainkan semakin mengurangi pahala kita. Naudzubillah.

5. Menjaga Tali Silaturahim
Bulan puasa atau bulan Ramadhan pasti menjadi bulan dimana reuni ada dimana-mana, bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk bertemu dengan sanak saudara seperti buka bersama. Buka bersama bisa menjadi ajang untuk mengumpulkan sanak saudara, teman-teman, atau kolega-kolega kita. Maka dari itu, setelah Ramadhan usai alangkah indahnya jika hubungan silaturahim tetap terjalin karena hikmah dari menjaga silaturahim begitu besar yakni dapat menambah rezeki dan memperpanjang usia.

Berpisah dengan bulan Ramadhan memang berat rasanya. Namun, perpisahan pasti akan kita rasakan entah itu kapan karena semua yang ada di dunia ini tidaklah abadi. Namun, kita bisa berdoa semoga Allah masih memperkenankan kita untuk dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadan berikutnya dan berikutnya lagi.

Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin.

Penulis : Fauziyah Ikrimah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KHAZANAH

  • KHAZANAH

    Jangan Sesekali Tidak Menomor Satukan Allah

    By

    Jurnalkpi.com – Perselingkuhan, menomor duakan ternyata bukan hanya urusan asmara saja. Tapi kita ketika melakukan perbuatan...

  • KHAZANAH

    Melemahnya Iman Setelah Ramadhan

    By

    Jurnalkpi.com – Di bulan suci Ramadhan ini banyak umat Islam yang berbondong-bondong untuk beribadah dan melakukan berbagai...

  • KHAZANAH

    Menjaga Pribadi dengan Al-Quran

    By

    Jurnalkpi.com – Momen ramadhan seperti saat ini banyak digunakan oleh umat manusia untuk menghatamkan al-Quran, ada...

  • KHAZANAH

    Tersenyumlah! Karena itu Sedekah

    By

    تَبَسُّمُكَ في وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah (HR. Tirmidzi [1956] dari...

  • KHAZANAH

    Menabung Masa Depan

    By

    Jurnalkpi.com – Sudah semakin dekat dengan hari kemenangan, sebuah momen yang ditunggu seluruh umat muslim di...

Advertisement
Advertisement
To Top