Connect with us

Melemahnya Iman Setelah Ramadhan

KHAZANAH

Melemahnya Iman Setelah Ramadhan

Jurnalkpi.com – Di bulan suci Ramadhan ini banyak umat Islam yang berbondong-bondong untuk beribadah dan melakukan berbagai amal shalih. Sebab pada bulan inilah Allah SWT membuka lebar pintu ampunan bagi umat muslim dan memberikan pahalanya yang berlipat ganda.

Namun apakah setelah bulan yang suci ini berlalu kita tetap istiqamah dalam melakukan ibadah dan amal shalih seperti yang kita lakukan selama Ramadhan? Atau malah sebaliknya, nah pertanyaan ini pasti sering menjadi perhatian tersendiri bagi umat muslim.

Jika Ramadhan kali ini meninggalkan bekas dan memberi pengaruh dalam menjalankan kehidupan  sehari-hari kita, yaitu dengan ditandai semakin baiknya perilaku, amal shalih serta ibadah kita. Maka kita telah dianggap sukses dalam menjalankan ujian untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita.

Namun sebaliknya, jika setelah Ramadhan usai, ketaatan di dalam menjalankan ibadah dan segala amal shaleh yang kita lakukan semakin menurun dan melemah maka kita akan dianggap gagal dalam ujian tersebut dan merugilah kita.

Berikut ini tanda-tanda melemahnya iman setelah Ramadhan:

  1. Kembali terjatuh pada maksiat.
  2. Melakukan perbuatan maksiat baru.
  3. Bermalas-malasan dalam melakukan ibadah dan meremehkan shalat lima waktu.
  4. Sedikit berdzikir dan berdoa pada Allah.
  5. Tidak terpengaruh pada ayat Al-Quran dan;
  6. Tidak mengingat mati dan tidak terpengaruh dengan kematian.

Keterangan diatas merupakan tanda bahwa Ramadhan kita gagal karena lemahnya iman kita seusai Ramadhan. Padahal keistiqamahan kita dalam melakukan ibadah setelah Ramadhan menunjukkan kuatnya iman seseorang, Rasulullah SAW bersabda:

”Setiap amal itu pasti ada masa semangatnya. Dan setiap masa semangat itu pasti ada masa futur (malasnya). Barangsiapa yang kemalasannya masih dalam sunnah (petunjuk) Nabi SAW, maka dia berada dalam petunjuk. Namun barangsiapa yang keluar dari petunjuk tersebut, sungguh dia telah menyimpang.” (HR. Tabrani).

Sesungguhnya banyak pembelajaran yang dapat kita peroleh dari bulan Ramadhan untuk diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari pasca Ramadhan. Maka dari itu hendaknya kita mengisi hari-hari pasca Ramadhan itu dengan keistiqamahan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih seperti yang kita lakukan di bulan Ramadhan.

Kesuksesan Ramadhan seseorang itu ditandai dengan semakin baik ibadah dan perilakunya. Semoga ibadah dan amal shalih kita di bulan suci Ramadhan ini senantiasa diterima Allah Swt. Dan semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang sukses dalam menjalankan Ramadhannya kali ini dan mendapat gelar taqwa. Amin!

Penulis : Ike May Ardianti

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KHAZANAH

Advertisement
Advertisement
To Top