Connect with us

Agar Ibadah Saat Puasa Tidak Terasa Malas

INTISARI

Agar Ibadah Saat Puasa Tidak Terasa Malas

Jurnalkpi.com – Selama Bulan Ramadhan pasti tubuh merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan apapun karena tidak adanya asupan makanan maupun minuman sebagai energi kita untuk beraktivitas dan beribadah kepada Allah Swt seperti biasa. Namun, hal itu jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan hanya saja kita belum terbiasa apalagi waktu awal puasa. Agar kita tetap bersemangat dalam beribadah dapat dilakukan dengan:

Pertama, hadirkan kesadaran akan adanya surga. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori, dikatakan bahwa ”Kalau kita ingin surga, mintalah syurga Firdaus. Permintaan tersebut haruslah diimbangi dengan pengetahuan kualifikasi penduduk surga.”

Kedua, hadirkan kecemasan akan adanya neraka yaitu dengan sering membaca dan mendengar ayat-ayat adzab yan ada dalam Al-Quran. Ada suatu kisah ketika Sayyidina Umar mendengar surah Attur ayat 7-8 berbunyi:
إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ لَوَاقِعٌ مَا لَهُ مِنْ دَافِعٍ
“Sesungguhnya adzab Rabbmu pasti terjadi. Tidak seorang pun yang dapat menolaknya.”

Mendengar ayat itu beliau langsung menangis dan jatuh pingsan. Setelah itu dikabarkan Sayyidina Umar dilaporkan mengalami sakit selama 2 bulan. Beliau menganggap bahwa ayat itu untuk dirinya yang dahulu penuh dengan dosa.

Ketiga, berinteraksi dengan orang-orang saleh. Agar kita memiliki energi positif saat beribadah kita bisa berkumpul atau berinteraksi dengan orang-orang shaleh. Dengan banyaknya orang yang memberikan dampak positif, kamu akan terasa bersemangat dalam melakukan ibadah di bulan puasa ini. Allah berfirman dalam Q.S At-Taubah ayat 119:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).”

Selain itu, agar tetap bersemangat makanlah makanan yang sehat dan perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan energi saat sedang berpuasa. Semoga ibadah kita selama bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT.

Penulis : Noviana Alfatia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in INTISARI

Advertisement
To Top