Connect with us

Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

KHAZANAH

Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Jurnalkpi.com – Selama menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan, kita tentu akan melewati fase 10 hari pertama Ramadhan.

Pada fase ini memang fase yang terberat, karena merupakan fase peralihan kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari shubuh hingga maghrib. Selain adaptasi tubuh, pada fase ini pikiran banyak persoalan yang harus dihadapi dengan proses beradaptasi atau penyesuaian. Sehingga yang mampu melewati fase ini benar – benar orang sabar dan niat beribadah.

Oleh sebab itu pada 10 hari pertama Ramadhan Allah SWT memberikan keistimewaan dengan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang telah sabar dan ikhlas dalam menunaikan puasa selama 10 hari pertama di Bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dan para ulama’ menyebut sepuluh hari pertama Ramadhan dinamakan terbukanya pintu rahmat Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang menunaikan puasa.

Jika rahmat terdapat dua macam yakni, pertama Rahmah Dzaatiyyah, yaitu Rahmat dan Anugerah yang diberikan Allah SWT kepada semua mahluk-Nya tanpa terkecuali. Kedua, Rahmah Khushushiyyah, yaitu Rahmat dan kasih sayang yang Allah SWT hanya diberikan kepada hamba-hamba Pilihan-Nya. Sepuluh hari pertama merupakan keistimewaan karena diturunkannya rahmat kepada hamba-hamba yang telah ikhlas dan ridha menunaikan shaum ramadhan dengan penuh keimanan kepada Allah SWT.

Agar kita termasuk orang yang beriman dan senantiasa ikhlas sehingga mampu melewati fase 10 hari pertama ramadhan ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Perbanyak membaca Alquran
2. Perbanyak Zikir dan doa
Salat berjamaah
3. Perbanyak Ibadah Sunnah

Oleh karena itu melihat begitu beratnya fase 10 hari Ramadhan ini, Allah SWT memberikan keistimewaan – keistimewaan yang sungguh luar biasa diantaranya :

1. Memberi keberuntungan-keberuntungan bagi orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama Ramadhan. Ia akan selalu dalam lindungan Allah selama bulan Ramadhan serta selalu berada dalam petunjukNya.

2. Menjaga Diri dari Maksiat
Dengan menjalankan puasa 10 hari pertama di Bulan Ramadhan artinya telah membentengi diri dari perbuatan maksiat sejak awal sehingga merupakan wujud bahwa orang tersebut memiliki niat baik dan semangat menyambut puasa.

3. Jalan untuk Mulai Mengamalkan Al Qur’an
Di puasa pada 10 hari pertama juga merupakan jalan untuk memperbanyak membaca Al Qur’an sebagai jalan untuk menyempurnakan puasa yang dilakukan karena melakukan rangkaian ibadah dengan lengkap.

4.Menebar Kebaikan
Menjalankan ibadah puasa di 10 hari pertama akan menjadi teladan yang baik karena memberi contoh kebaikan pada semua orang. Hal itu sama saja dengan menebar kebaikan sehingga selama bulan Ramadhan akan mendapat kebaikan yang sama dari Allah.

5.Wujud Syukur
Allah menginginkan bagimu kemudahan dan tidak menginginkan kesukaran untukmu.

6.Rahmat Sejak Perintah Diturunkan
Puasa di 10 hari pertama bulan Ramadhan sama seperti mengikuti teladan orang sholeh terdahulu dimana perintah puasa sudah ada sejak zaman dahulu, artinya ia memiliki pahala yang sama seperti orang sholeh terdahulu karena Allah maha adil dalam memberikan rahmat.

Penulis : Fika Khoirotun Nisak

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KHAZANAH

Advertisement
Advertisement
To Top