Connect with us

Hukum Meninggalkan Sholat Maghrib Ketika Buka Bersama

HIKMAH

Hukum Meninggalkan Sholat Maghrib Ketika Buka Bersama

Jurnalkpi.com – Ketika acara buka bersama merupakan salah satu agenda ‘wajib’ pada bulan suci, Bulan Ramadhan. Buka bersama menjadi ajang menyambung silaturrahmi dengan teman lama yang sudah lama tidak jumpa atau dengan perkumpulan suatu organisasi.

Seringkali dalam menikmati momen buka bersama yang jarang terjadi, bahkan bisa saja terjadi satu tahun sekali itu kita terlena hingga terlambat melakukan sholat maghrib atau bahkan lupa melaksanakannya. Padahal sholat maghrib lebih wajib dilaksanakan.

Dengan begitu, meninggalkan sholat maghrib ketika melakukan buka bersama adalah tidak boleh, dalam keadaan apa pun kita dilarang untuk meninggalan sholat lima waktu. Para ulama besepakat bahwa meninggalkan sholat termasuk dosa besar yang lebih besar dari dosa besar. Allah berfiraman yang berbunyi:

فَخَلَفَ مِنۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَٱتَّبَعُوا۟ ٱلشَّهَوَٰتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,” (QS. Maryam (19) :59)

Maka dapat disimpulkan dari ayat diatas bahwasannya orang yang meninggalkan kewajiban mendirikan sholat lima waktu maka akan menemui kesesatan. Na’udzu billahi min dzalik.

Kita semua tentunya mengharapkan keberkahan puasa dari bulan ramadhan dan tidak juga meninggalkan kewajiban kita. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan ini diterima oleh Allah. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Penulis : Kholishoh Nur Aini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in HIKMAH

Advertisement
Advertisement
To Top