Connect with us

Paseduluran Tiada Batas

HIKMAH

Paseduluran Tiada Batas

Jurnalkpi.com – Salah satu metode dakwah yang diajarkan oleh Rasulullah Saw adalah memperlakukan sesama manusia sebagai saudara. Banyak cerita atau riwayat bagaimana panutan seluruh umat islam di dunia, Nabi Muhammad Saw memperlakukan sahabat, tetangga, atau bahkan orang yang membecinya sebagai saudara.

Sebagai umat, kita wajib untuk mencontohnya. Paling tidak sesuatu yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah memperlakukan sesama makhluk sebagai saudara.

Satu ikatan saudara atau dalam bahasa jawanya paseduluran haruslah terus diikat, saudara harus luas laksana luasnya langit, saudara haruslah dalam sepertinya dalamnya lautan samudra, saudara harus saling menjaga, selayaknya kita menjaga diri sendiri.

Paseduluran Tiada Batas, adalah bagian kecil untuk merekatkan umat Islam. Sudah tidak jamanya lagi saling memberi cemoohan. Saudara itu saling menjaga, saling mengasihi. Karenanya saudara tidak bisa diukur batasnya.

Paseduluran Tiada Batas adalah sebuah ungkapan kepada semua manusia untuk bersatu, untuk hidup rukun, untuk menjaga satu sama lain, untuk kehidupan saat ini, dan dimasa mendatang.

Paseduluran Tiada Batas adalah ucapan dan doa untuk kehidupan, doa untuk persatuan, doa untuk anak cucu kelak, doa untuk apapun itu yang bernilai kebaikan.

Paseduluran Tiada Batas adalah harapan. Paseduluran yang benar-benar saudara, tidak ada batu yang dibaliknya ada udang, persaudaran yang belajar dari panutan Nabi Muhammad Saw.

Jaga persaudaran itu sulit, tapi yang lebih sulit adalah hidup tanpa saudara.

05 Ramadhan 1440 Hijriah

Direksi Jurnalkpi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in HIKMAH

Advertisement
Advertisement
To Top