Connect with us

Langkah-Langkah Meraih Cinta Ilahi di Bulan Ramadhan

KHAZANAH

Langkah-Langkah Meraih Cinta Ilahi di Bulan Ramadhan

Jurnalkpi.com – Hai sobat jurnal, Alhamdulillah saat ini kita sudah bersama-sama memasuki bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia, yaitu Bulan Suci Ramadhan. Tentunya dalam menyongsong bulan yang penuh berkah ini, kita diharapkan sudah mempersiapkan diri secara jasmani dan rohani agar dapat melaksanakan berbagai ibadah, baik wajib maupun sunnah dengan tenang dan penuh kekhusu’an.

Nah sobat jurnal, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang bagaimana sih langkah-langkah yang tepat untuk meraih cinta Ilahi di Bulan Suci Ramadhan ini? Dan apa yang kita dapatkan setelah kita mendapatkan cinta Ilahi?

Semua pertanyaan-pertanyaan ini dan juga yang terkait dengan tema di atas InsyaAllah akan dibahas di bagian berikut ini. Yuk langsung saja, checkidoottt…

Mendapatkan cinta dari Allah SWT adalah dambaan bagi setiap muslim. Karena ketika Allah SWT sudah mencintai kita, maka tidak ada satu kekuatan apapun yang bisa menghalangi turunnya rahmat Allah SWT atas kita. Pahala akan dilipat-gandakan dan dosa-dosa pun akan terampuni. Sebenarnya banyak sekali langkah-langkah yang dapat ditempuh, tetapi menurut penulis, ada 7 macam langkah agar kita semua dicintai oleh Allah SWT berikut ini:

1. Membaca dan Mengamalkan Al-Quran.

Firman Allah SWT dalam Q.S. Fathir 29-30 yang artinya :

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Berdasarkan ayat tersebut sudah sangat jelas bahwa Allah mencintai hambanya yang mau membaca, merenungi, dan mengamalkan isi dari kitab sucinya sebagai petunjuk agar selamat di dunia dan di akhirat.

2. Memperbanyak Zikir.

Berzikir adalah mengingat Allah SWT. Dengan memperbanyak mengingat Allah-lah kita dapat terhindar dari perbuatan maksiat dan senantiasa terus memperbanyak amal kebaikan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Ahzab 33-35 yang artinnya:

“… Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allâh, Allâh telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.“

3. Shalat Tepat Pada Waktunya.

Langkah selanjutnya yaitu melaksanakan shalat apabila sudah masuk waktunya dan segera bergegas. Karena shalat adalah panggilan untuk menghadap-Nya. Seperti layaknya karyawan yang dipanggil oleh atasan maka dia akan segera menemui sang atasan. Seperti dalam hadits berikut dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud no. 426. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Jika panggilan Allah SWT kita dahulukan dan kita kejakan, maka Allah SWT akan mencintai kita sebagai hamba yang sholeh. InsyaAllah.

4. Mengerjakan Shalat Malam.

Waktu malam yang dimaksud disini adalah sepertiga malam. Sepertiga malam termasuk salah satu waktu diantara waktu-waktu mustajabnya doa. Mengapa? Karena disaat banyak manusia masih terlelap dalam tidur, ada sebagian manusia yang sudah bangun dan menghadap pada Allah SWT untuk menyembah, mengadukan segala hal yang dihadapinya.

Allah SWT memuji orang-orang yang mampu melaksanakan shalat malam sesuai dengan firman-Nya dalam Q.S. As-Sajdah 16-17 yang artinya “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

5. Memperbanyak Bersyukur

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang paling baik untuk memperbanyak rasa syukur kepada Allah SWT. Karena atas kesempatan yang sudah diberikan Allah SWT pada kita, sehingga masih diperkenankan untuk memperbanyak amal shaleh di Bulan penuh pelipat gandaan pahala ini.

Memperbanyak bersyukur juga dapat menghindarkan diri dari sifat sombong dan angkuh. Seperti firman Allah SWT dalam Q.S Ibrahim ayat 7 yang artinya “Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”.

6. Memperbanyak Istighfar.

Di dalam Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Allah SWT juga menjanjikan pengampunan yang besar bagi hambanya yang meminta ampun kepada-Nya. Maka, cara terbaik untuk meminta ampun adalah dengan memperbanyak istighfar seperti dalam firman Allah SWT Q.S Nuh 10-12 yang artinya:

“Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

7. Menjauhi Maksiat.

Langkah yang terakhir adalah menjauhi maksiat yang sudah sangat jelas dilarang Allah SWT. Jika ingin dicintai Allah, maka tinggalkan maksiat untuk selamanya bukan hanya saat Ramadhan saja. Seperti yang dikisahkan dalam sebuah hadits berikut, Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan. Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan “Ar raan” yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka’.”

Itulah ke-tujuh langkah yang dapat kita lakukan dan usahakan agar kita senantiasa dicintai oleh Allah SWT. Apalagi saat ini kita sudah berada dalam Bulan Ramadhan, Bulan yang didalamnya umat islam diseru untuk berlomba-lomba memperbanyak amal kebaikan. Semoga kita semua mampu mengisi Bulan Ramadhan ini dengan kualitas amal yang sebaik-baiknya dan kuantitas amal yang sebanyak-banyaknya. Aamiin…

Penulis : Firhand Ali Affandy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KHAZANAH

Advertisement
Advertisement
To Top