Connect with us

Mengharap Transparansi, Mahasiswa UINSA Turun Aksi

KAMPUS

Mengharap Transparansi, Mahasiswa UINSA Turun Aksi

Jurnalkpi.com – Kamis (02/05), Front Mahasiswa UINSA melakukan demonstrasi terkait permohonan penurunan dan transparansi Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa yang dinilai terlalu tinggi.

Demonstrasi ini berlangsung di depan Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dengan diikuti sejumlah mahasiswa yang sadar akan pentingnya keadilan dan transparansi UKT bagi mahasiswa.

Alby Rahmansyah, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) merupakan salah satu aktivis mahasiswa yang turut turun aksi kali ini. Dirinya mempelopori aksi ini dengan membawa sejumlah mahasiswa lain.

Alby mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi mahasiswa yang mau turun tangan dalam aksi demonstrasi ini.
“Demonya ini dari seluruh mahasiswa yang sadar akan dirinya sebagai mahasiswa, orang spesial bagi saya dari pada mereka yang masih diam dan tak dapat bersuara karena nilai, dan unsur lain,” ungkap Alby dengan tegas.

Alby mengaku bahwa turun aksi dalam upaya penurunan dan transparansi UKT ini sudah sering dilakukan oleh aktivis mahasiswa. Namun, hingga kini belum mendapatkan tanggapan yang jelas dari pihak terkait.

“Tidak ada respon yang jelas,” ungkap Alby saat ditanyai terkait respon pihak rektorat.

Melihat tidak adanya respon dari pihak rektorat, Alby mengungkapkan bahwa demonstrasi ini akan kembali dilakukan hari Sabtu, 4 Mei 2019 pukul 09.00 WIB di tempat yang sama, yakni di depan Gedung Rektorat UINSA Surabaya.

“Aksi ini akan kembali dilakukan hari Sabtu jam 9 di tempat tadi,” tutur Alby dengan penuh antusias.

Di sisi lain, Qori Hajidah Arianti, mahasiswa FDK semester dua yang mendapat beban UKT sebesar 7,5 juta menanggapi positif aksi demonstrasi mahasiswa dalam permohonan penurunan dan transparansi UKT tersebut.

“Saya setuju dengan aksi ini, karena UKT setinggi ini tidak ada bukti nyatanya digunakan untuk apa. Nyatanya pembangunan gedung saja masih belum berlanjut. Fasilitas juga tidak memadai,” Ungkap Qori dengan tanggapan serius.

Terkait harapan untuk UINSA kedepannya, Qori berpesan supaya lebih mengedepankan transparansi supaya tidak terus menghasilkan tanda tanya dari mahasiswa.

“Pesan saya untuk UINSA semoga lebih transparan terkait pengelolaan dana, dan jelas UKT itu mengalirnya ke mana,” ungkap mahasiswa berkacamata tersebut.

Reporter : Widya Dellia Parasita

Editor : Anna W.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KAMPUS

Advertisement
Advertisement
To Top