Connect with us

Tagih Janji, Mahasiswa UINSA Serbu Rektorat

KAMPUS

Tagih Janji, Mahasiswa UINSA Serbu Rektorat

Jurnalkpi.com – Mahalnya uang kuliah tunggal (UKT) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang naik setiap tahun membuat para mahasiswa melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Rektorat UINSA pada Kamis, (2/5/2019).

Sebelumnya para mahasiswa berkumpul di depan Maqha pada jam 09.00 WIB. Kemudian mereka berjalan dengan membawa kain putih bertuliskan “#PrayForUINSA” dan “#TolakUKTMahal” dengan mengelilingi beberapa fakultas untuk mengajak para mahasiswa ikut berpartisipasi melakukan aksi ini.

Beberapa mahasiswa juga membawa kertas besar berwarna-warni yang bertuliskan “Kampus Elite Fasilitas Bullshit”, “Misqueen Dilarang Kuliah”, “Pray For UKT UINSA” yang diangkat-angkat ketika berjalan menuju Gedung Rektorat sambil sesekali menyanyikan lagu Buruh Tani.

Menurut salah satu demonstran, Munawir beranggapan mengikuti aksi ini karena peduli terhadap mahasiswa yang UKT-nya tinggi dan mencoba menagih janji yang belum ditepati oleh pihak kampus.

“Saya ikut serta karena merasa peduli dengan kondisi mahasiswa terkhusus yang UKT-nya tinggi. Ini adalah proses akumulasi dari beberapa gerakan turun jalan yang telah dilakukan oleh sahabat-sahabat sekalian mulai dari beberapa tahun yang lalu dan hari ini kita coba tagih kembali janji itu,” ucap laki-laki dari Fakultas Syariah dan Hukum tersebut.

Salah satu peserta dari Prodi Psikologi mengaku dirinya mengikuti aksi ini untuk mewakili teman-teman yang UKT-nya mahal.

“Saya mewakili teman-teman dari Prodi Psikologi yang mana UKT-nya sangat mahal agar UKT-nya bisa turun karena perbandingan tahun sebelumnya dengan sekarang itu sangat jauh sekali,” ujarnya sambil membawa kertas putih bertuliskan tuntutan demo.

Sekitar pukul 10:33 WIB, para peserta aksi mulai memasuki Gedung Rektorat. Namun setibanya di dalam, menurut informasi yang diterima, Masdar Hilmy selaku Rektor UINSA tidak ada ditempat melainkan sedang berada di Malaysia.

Hingga selesainya aksi belum ada jawaban terkait tuntutan dari mahasiswa perihal UKT.

Reporter : Noviana Alfatia

Editor : Anna W.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KAMPUS

Advertisement
To Top