Connect with us

Ternyata Tawas Bisa Dibuat Deodorant

GAYA HIDUP

Ternyata Tawas Bisa Dibuat Deodorant

Surabaya, Jurnalkpi.com — Alum atau tawas adalah gumpalan seperti batu yang menyerupai Kristal yang terbuat dari gabungan dua jenis garam, salah satunya biasanya Al2(SO4)3. Pada Wikipedia.org, alum ini hadir dengan 3 macam kegunaan yakni sebagai penjernih air, bahan kosmetik, dan bahan anti api.

Di pedesaan, batu Kristal ini lebih sering dipanggil tawas. Pada saat sumur mereka keruh atau berbau, biasanya orang desa memanfaatkan tawas sebagai penjernih dan pembersih air sumur.

Di samping alum yang lebih terkenal berkhasiat untuk penjernihan air, alum juga dapat digunakan sebagai deodorant dan penghilang bau tak sedap pada badan.

Bagi seseorang yang memakai deodorant tetapi mengeluhkan efek samping yang membuat baju bagian ketiak berwarna kuning, alum ini dapat menjadi solusi. Cara memakainya juga mudah, ambil alum lalu celupkan pada air, kemudian oleskan alum pada ketiak. Pakai rutin setelah mandi. Dijamin setelah rutin beberapa hari, bau badan akan hilang. Alum tidak akan meninggalkan bekas pada baju, seperti deodorant pada umumnya.

Alum juga bisa menghilangkan warna hitam pada ketiak. Caranya, gunakan tawas secukupnya dan campurkan dengan air hangat. Lalu oleskan dengan rutin pada ketiak.

Untuk mendapatkan alum pun cukup mudah. Biasanya alum ditemui pada penjual racikan jamu tradisional. Harga alum pun tidak semahal deodorant. Jadi bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang banyak tapi tidak ingin tampil dengan bau badan, alum muncul menjadi solusi.

Reporter: Siti Indra Nur Jannah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in GAYA HIDUP

Advertisement
Advertisement
To Top